Senin, 22 Agustus 2022

TRANSMISI MANUAL

 


Transmisi adalah tuas atau pedal yang dimiliki oleh kendaraan bermotor. Pada dasarnya, transmisi dalam mobil terbagi menjadi dua jenis yaitu mobil transmisi otomatis dan juga mobil transmisi manual. Mayoritas orang telah mengetahui bahwa mobil transmisi manual hanya perlu menginjak pedal kopling tambahan yang digunakan ketika ingin menginjak pedal gas, perpindahan gigi, ataupun mengerem.

Padahal, transmisi mobil sendiri terdiri dari beberapa komponen yang saling berkesinambungan dan berfungsi untuk memindahkan tenaga mesin kendaraan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui komponen apa saja yang terdapat pada transmisi mobil.


selain menggunakan perpindahan gigi yang lebih rumit. Apa saja fungsi dari transmisi mobl manual? Fungsi utamanya terletak pada perpindahan transmisi mesin dan torsi yang lebih bertenaga.

Secara garis besar sama saja, namun fungsi transmisi manual memang memiliki fungsi yang sedikit berbeda selain memacu tenaga kendaraan, antara lain:

1. Menyalurkan tenaga atau putaran tenaga kendaraan melalui mesin kopling untuk mengeluarkan tenaga lebih teratur dan sesuai porsinya.

2. Aliran tenaga yang terpusat pada poros propeler shaft atau pengoper transmisi sehingga memiliki jenjang yang lebih terperinci.

3. Mampu menggerakan kendaraan maju dan mundur dengan pedal langsung tanpa harus mengoper gigi untuk keperluan parkir maupun sekadar mundur lewat gigi R atau Reverse.

Komponen Transmisi Manual

Transmisi manual adalah tipe transmisi yang menggunakan kopling yang dioperasikan oleh pengemudi untuk mengatur perpindahan torsi dari mesin menuju transmisi, serta pemindah gigi yang dioperasikan dengan tangan atau kaki. Berikut ini komponen-komponen yang ada pada transmisi manual:

1. Poros Input Transmisi (Transmission Input Salt)

Komponen ini merupakan poros atau roda gigi yang bekerja sama dengan kopling dan berfungsi untuk memutar gigi pada gear box.

2. Gigi Transmisi (Gear Transmission)

Gigi transmisi berfungsi sebagai pengubah input tenaga yang dihasilkan mesin menjadi output gaya torsi. Pengubahan gigi transmisi disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh kendaraan.

3. Gigi Penyesuaian (Synchcroniser)

Gigi penyesuaian berfungsi untuk memindahkan gigi pada saat mesin mobil sedang bekerja.  Jadi pengendara tetap bisa memindahkan gigi dengan aman meski mobil dalam keadaan berjalan.

4. Garpu Pemindah (Shift Fork)

Garpu pemindah berfungsi untuk memindahkan gigi pada porosnya sehingga gigi akan lebih mudah untuk dipasang atau bahkan dipindahkan.

5. Tuas Penghubung (Shift Linkage)

Sesuai namanya, komponen ini berfungsi sebagai penghubung antara tuas persneling dengan shift fork atau yang sering disebut dengan garpu pemindah.

6. Tuas Transmisi atau Tuas Pemindah Persneling (Gear Shift Lever)

Tuas ini berfungsi sebagai pengendali pengemudi agar bisa melakukan pemindahan gigi transmisi sesuai dengan kondisi mengemudi yang mereka inginkan. Komponen ini biasanya terletak berdekatan dengan sang pengemudi.

7. Bak Transmisi (Transmission Case)

Bak Transmisi berfungsi sebagai dudukan bearing transmisi beserta dengan poros-porosnya dan sebagai wadah untuk menyimpan oli transmisi pada mobil. Dengan begitu, pergerakan setiap komponen dalam sistem transmisi mobil bisa tetap lancar dan juga halus.

8. Output Shaft

Output shaft merupakan poros yang memiliki fungsi mentransfer torsi yang berasal dari sistem transmisi ke gigi terakhir. Selain itu, komponen ini juga bisa digunakan sebagai dudukan persneling pada sebuah mobil.

9. Bantalan atau Bearing (Main Bearing)

Komponen ini berfungsi untuk mengurangi gesekan yang terjadi antara permukaan komponen yang berputar di dalam sistem transmisi.

10. Counter Gear

Counter gear digunakan untuk menghasilkan torsi dari gigi input menuju gigi kecepatan.

11. Reverse Gear

Dalam hal ini, komponen ini berguna untuk mengubah arah putaran output shaft. Hal inilah yang membuat mobil kita bisa berjalan mundur saat Anda menggerakkan tuas persneling ke arah reverse gear.

12. Hub Slave

Hub slave berfungsi sebagai pengunci penyesuaian gigi percepatan. Dengan adanya komponen ini maka dapat membuat output shaft menjadi bisa berputar dan juga berhenti.

13. Speedometer Gear

Dengan adanya speedometer gear membuat kecepatan dari mobil yang Anda kendarai tersebut dapat terukur.






Setiap Tahapan Fungsi Gigi 1 2 3 4 5 Pada Mobil



1 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya, kunjungi kami juga ya.
    Gerai Belajar
    Jejak Pak Mantap
    Geraibelajar.com
    Jejakpakmantap.blogspot.com

    BalasHapus

Proses Bisnis di Bidang Otomotif secara menyeluruh

  JENIS DAN MEREK KENDARAAN OTOMOTIF                  Proses Produksi Otomasi untuk Otomotif